M. Rizkal Fajri,M.Pd.I
SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung
A. Latar Belakang
Salah satu contoh permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab
adalah aspek kosakata (mufradat) yang sangat berpengaruh disemua aspek
kemahiran (istima’, kalam, qiroah, kitabah). Penguasaan kosakata (mufradat)
sangatlah penting karena ia menjadi sarana atau media untuk memahami dan
memahamkan (al-fahm wa al-ifiham) sebagai inti dari tujuan pembelajaran
bahasa arab. Mufradat dapat diperkenalkan terlebih dahulu kepada pemula sebagai
awal dari pembelajaran, seperti yang dilakukan Allah kepada Nabi Adam yang
terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 31:
وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى
الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ
صَادِقِينَ
Artinya:
“Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia
perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama
semua (benda) ini, jika kamu yang benar!”
Hal ini menjadi tantangan guru sebagai seorang
pendidik untuk selalu menyesuaikan dan mengembangkan cara atau metode tertentu.
Salah satu metode pembelajaran yang digunakan para pendidik saat ini adalah
metode bernyanyi. Dengan menggunakan metode bernyanyi yang diterapkan pendidik
sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa karena metode ini mampu
meminimalisir kejenuhan para peserta didik. Tentunya dengan persiapan
sebelumnya oleh pendidik untuk mempersiapkan nyanyian dengan bahasa yang mudah
dipahami, mudah dilafalkan, dan banyak pengulangan.
B.
Kajian Teori
1.
Pengertian
Efektifitas
Efektivitas berasal dari kata efektif yang
berarti dapat membawa hasil. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektif
berarti yang pertama ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya), yang kedua
dapat membawa hasil, berhasil guna (usaha, tindakan). Pengertian tersebut
mengartikan bahwa efektivitas merupakan tahap dicapainya keberhasilan dalam
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas selalu terkait dengan
hubungan antara hasil yang diharapkan dengan hasil yang sesungguhnya dicapai.
Pembelajaran efektif merupakan pembelajaran
yang mampu mencapai kompetensi yang telah dirumuskan. Suatu proses belajar
mengajar dapat dikatakan berhasil dengan baik, jika kegiatan belajar mengajar
dapat membangkitkan suasana belajar. Penentuan pembelajaran yang efektif
terletak pada hasilnya.
2.
Metode
Bernyayi
a.
Pengertian
Metode
Secara etimologis (bahasa), metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu “methodos”. Methodos berasal dari kata “ meta” dan “ hodos”. Meta berarti melalui, sedang hodos berarti jalan. Dalam bahasa Arab istilah yang sering dipakai untuk menunjuk kata metode adalah thariqah. Wina Sanjaya mengatakan, bahwa metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode adalah cara
yang digunakan oleh seorang guru untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran
yang telah disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode belajar bahasa
tersebut sangat tergantung pada perasaan dan tujuan belajar seseorang. Pelajar
yang semangat dan memiliki motivasi yang kuat akan sangat efektif, namun begitu
sebaliknya. Oleh karna itu, guru mempunyai kewajiban untuk mengarahkan peserta
didik dalam memilih strategi, dan metode agar siswa merasa mudah dalam belajar
bahasa Arab. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode bernyanyi.
b.
Tujuan Metode Bernyanyi
Adapun tujuan metode bernyanyi dalam
pembelajaran bahasa Arab antara lain: Pertama,
Menumbuhkan sensitifitas anak terhadap bunyi, irama, dan nada dalam bahasa
Arab. Kedua, Melatih pengucapan
ungkapan sederhana dalam bahasa Arab. Ketiga,
Melatih penggunaan kosa kata bahasa Arab yang ada dalam lagu. Keempat, Mengembangkan permainan dengan
bunyi-bunyi dalam bahasa Arab. Kelima, Mengembangkan
permainan dengan peragaan lagu yang dihafalkan. Keenam, Memperkenalkan ejaan, kalimat berita, kalimat tanya dan
perintah.
Dari tujuan pemanfaatan metode bernyanyi
tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bernyanyi dapat membuat anak lebih
senang dalam belajar, sehingga membantu mereka untuk lebih cepat dalam mencapai
tujuan pembelajaran, terutama dalam hal penguasaan mufradat bahasa Arab.
c.
Langkah-langkah
Metode Bernyanyi
Pertama,
Guru menyiapkan tema materi pelajaran yang
ingin disampaikan kepada peserta didik. Kedua,
Guru mencari jenis lagu atau musik tertentu yang disukai anak. Ketiga, Guru memodifikasi olah vokal
lagu atau musik tersebut sesuai isi materi pelajaran yang ingin disampaikan. Keempat, Guru memberi contoh cara
menyanyikan lagu atau musik tersebut kepada peserta didik. Keenam, Guru dan
peserta didik menyanyi bersama.
C.
Metode
Penelitian
Penelitian merupakan kegiatan pengumpulan,
pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan
objektif untuk memecahkan suatu persoalan. Pendekatan penelitian yang penulis
gunakan adalah pendekatan kualitatif, karena melalui pendekatan kualitatif
peneliti bisa menyampaikan secara deskriptif berupa kata-kata yang tertulis.
Penelitian ini bertempat di kelas IV SD Muhammadiyah 1
Bandar Lampung. Lokasi tersebut dipilih karena memiliki semua
aspek pendukung agar penelitian dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini
dilaksanakan dengan kurun waktu selama kurang lebih 1 bulan yaitu dari bulan
Oktober sampai November 2022.
Analisis data melibatkan pengerjaan data,
organisasi data, pemilihan menjadi satuan- satuan tertentu, sintesis data, pelacakan
pola, penemuan hal-hal yang penting dan dipelajari dan penentuan apa yang harus
dikemukakan kepada orang lain.15 Sementara analisis data secara
kualitatif memiliki langkah-langkah sebagai berikut: “mereduksi data, display data, menyimpulkan data verifikasi”.
D.
Hasil
Penelitian
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan,
khusunya dari hasil wawancara dan survei dengan menggunakan penelitian
deskriptif kualitatif yaitu dengan cara memahami fenomena yang diteliti
sehingga data yang ada berupa untaian kata-kata bukan berupa angka-angka (data
statistik). Selanjutnya peneliti
akan memaparkan tentang proses pembelajaran mufradat
pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas IV SD Muhammadiyah 1
Bandar Lampung.
1.
Pembelajaran
mufradat pada mata pelajaran bahasa
Arab di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung.
Pemahaman arti kata mufradat dalam
bahasa menjadi salah satu kunci penguasaan berbahasa Arab. Metode pembelajaran mufradat di SD Muhammadiyah 1 Bandar
Lampung adalah menggunakan metode membaca, terjemah, dan bernyanyi. Metode
tersebut mempunyai posisi yang sangat penting untuk mendapatkan mufradat yang banyak. Penggunaan
strategi dan metode yang benar sudah tentu akan menambah kemudahan seseorang
untuk menguasainya.
2.
Lagu
lagu yang dipakai dalam mengajarkan mufrodat di SD Muhammadiyah adalah sebagai
berikut
a.
Lihat
kebunku
b.
Pelagi
– pelangi
c.
Balonku
d.
Kalua
kau suka hati
e.
Satu
satu
Semua lagu lagu diatas digubah kedalam Bahasa Arab oleh guru mapel
dan digunakan untuk mengajarkan kosa kata sambil bernyanyi bersama murid, dan
dapat di lihat di link berikut ini : https://bit.ly/lagu2arab
3.
Keefektifan
metode bernyanyi dalam penguasaan mufradat
pada mata pelajaran bahasa Arab di Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar apabila
tidak di dukung dengan sebuah metode pembelajaran yang efektif. Berbicara
sebuah metode maka tidak akan terlepas dari peran metode itu sendiri. Suatu
cara atau metode pembelajaran tidak akan berarti apa-apa jika metode tersebut
tidak mendukung pada pencapaian dari sebuah tujuan pembelajaran. Oleh karena
itu, peneliti mengamati keefektifan dari metode bernyanyi pada
pembelajaran mufradat bahasa Arab
dikelas IV SD
Muhammadiyah 1 Bandar Lampung.18
Terlebih dahulu peneliti menanyakan kepada guru
bahasa Arab tentang tujuan pengajaran mufradat
secara khusus di SD Muhammadiyah 1
Bandar Lampung. Oleh karena itu, dengan adanya metode
bernyanyi ini, guru merasa lebih mudah menyampaikan materi mufradat dan lebih bijak untuk memilih mufradat yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa,
khususnya kelas IV,
Sehingga siswa tertarik dan semakin antusias lagi dalam mengasah kemampuan
mereka melafalkan, membaca, menulis maupun menghafal mufradat yang telah diajarkan dengan metode bernyanyi. Dan respon siswa sejauh ini dengan penggunaan
metode ini cukup baik.
E.
Penutup
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
mengenai Efektivitas Metode Bernyanyi dalam Penguasaan mufradat Bahasa Arab di Kelas IV SD Muhammadiyah 1
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023 diperoleh simpulan bahwa
penggunaan metode bernyanyi dalam penguasaan mufradat bahasa Arab dapat dikatakan lebih efektif dan
menyenangkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yaitu Pada hasil
preetest siswa ketika pembelajaran mufradat menggunakan metode membaca dan
metode terjemah hanya mencapai ketuntasan 19 dari 30 siswa, dan siswa yang
hasil belajarnya belum tuntas sebanyak 11 dari
30 siswa. sedangkan hasil postest siswa ketika pembelajaran mufradat menggunakan metode bernyanyi
sudah mencapai ketuntasan 28 dari 30 siswa, sedangkan siswa yang hasil
belajarnya belum tuntas sebanyak 2 dari 30 siswa.
Pembelajaran yang inovatif dalam penguasaan mufradat bahasa Arab sangat diperlukan
bagi siswa. Salah satunya adalah dengan metode bernyanyi. Dengan mengemas
materi-materi mufradat dalam bentuk
nyanyian, siswa dapat dengan mudah menerima materi dan tidak merasa takut lagi
dengan sederet hafalan mufradat bahasa
Arab. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Guru menciptakan nyanyian atau lagu yang berkaitan dengan materi mufradat bahasa Arab.
2. Guru menulis materi mufradat yang
akan di nyanyikan di papan tulis dan setiap siswa menulis di buku masing-masing.
3. Guru mengajarkan nyanyian tersebut, kemudian siswa mengikuti
4. Guru dan siswa menyanyi secara bersama-sama
Dengan seni hidup menjadi indah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah.dengan iman hidup menjadi terarah..
BalasHapusMasyaAllah, siap untuk seminar Proposal bi... Mantap
BalasHapus(widiyastuti)
BalasHapusLuar biasa ....dengan bernyanyi diharapkan siswa/i lebih mudah untuk mengingat kosa kata bahasa arab.
Ada beberapa siswa mengatakan lebih mudah mengingat dan belajar bahasa inggris,🙏 Mudah²an dengan metode bernyanyi siswa akan lebih mudah belajar ,mengingat kosa kata bahasa arab 🙏
Posting Komentar